Media Promosi


Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang paling tua adalah media dari mulut ke mulut. Media ini memang sangat efektif, tetapi kurang efisien karena kecepatan penyampainanya kurang bisa diukur dan diperkirakan.

Media promosi yang paling banyak digunakan adalah berupa; brosur, poster, booklet, leaflet, spanduk, baligho, billboard, neon box, standing banner, kartu nama, kop surat, seragam pegawai, jam dinding, poster di mobil/truk, piring/gelas, iklan di tv, radio, spanduk terbang (ditarik pesawat), balon udara, iklan di media cetak, daftar menu, daftar harga dan sebagainya.

Berdasarkan ukurannya, Media Promosi dapat dibedakan menjadi :
1. Media Promosi berukuran besar :

POSTER
Sering juga disebut plakat, yaitu desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas media berukuran besar. Biasanya ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian. Oleh karena itu, poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Desainnya dibuat agar orang bisa mudah membaca informasi walaupun dalam posisi bergerak, mungkin sedang berkendara atau berjalan kaki. Karena itu, poster biasanya dibuat menurut kaidah; simpel, kontras, menarik perhatian, mempengaruhi, dan informasi cepat ditangkap.
Pada beberapa jenis poster, sisi “menarik perhatian” itu dimaksudkan untuk mengundang orang mendekati dan mencermati informasi yang disampaikan. Untuk jenis ini, biasanya dibuat dengan kualitas yang cukup baik.
Poster sering pula digunakan untuk tujuan iklan. Secara luas bisa memuat pengumuman atau pengenalan suatu acara, mempromosikan layanan, jasa, atau produk, juga bisa menjadi sarana propaganda untuk membentuk opini publik.
Termasuk dalam keluarga Poster ini antara lain:

Billboard
Yaitu iklan luar ruang dengan ukuran besar. Saat ini, billboard masih termasuk model iklan luar ruang yang banyak digunakan, apalagi di perkotaan. Pemasangannya bisa menggunakan struktur mandiri yang permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.
Pada perkembangan selanjutnya, muncul pula digital billboard berupa gambar atau running text yang menggunakan listrik sebagai catu daya. Megatron dan videotron termasuk dalam digital billboard ini.
Ada pula billboard yang bersifat mobile atau sering disebut mobile billboard, misalnya dipasang pada badan bus atau kendaraan besar lainnya. Tapi tulisan iseng di belakang bak truk misalnya “Kunanti Jandamu”, tentu saja tidak dapat dikategorikan ke dalam billbard ini.

Baliho
Sepertinya istilah ini hanya ada di Indonesia. Biasanya digunakan untuk menyebut poster besar atau billboard yang dipasang pada tempat/kedudukan yang semi permanen. Karena dudukannya semi permanen, baliho ini berumur pendek. Oleh karena itu, model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.

Spanduk
Bentuk ini sangat sering dijumpai di tempat-tempat umum terutama di jalanan, bahkan banyak pula yang dipasang melintang di atas jalanan terikat pada tali pada masing-masing sisinya. Bentuknya khasnya adalah memanjang. Biasanya terbuat dari bahan kain, namun sekarang banyak pula yang dibuat dari bahan plastik.
Keluarga dekat spanduk adalah backdrop yang biasa dipasang sebagai latar belakang panggung pada suatu acara tertentu, dan lebih banyak bersifat dekoratif dibandingkan media promosi. Pada perkembangannya, backdrop menjadi penting karena memuat informasi ringkas mengenai acara bersangkutan, bahkan sering pula disisipi iklan dari sponsor kegiatan tersebut.

Banner
Dengan makin berkembangnya teknologi cetak format besar, berkembang pula produk poster. Muncullah format-format poster yang disebut banner. Biasanya, kualitas cetakannya cukup baik karena banner memungkinkan untuk dilihat dari jarak dekat.
Model ini tak hanya ditempel di dinding, bisa juga dipasang pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan. Karena ada model dudukan yang berbentuk huruf X, pada akhirnya dikenal pula yang namanya X-Banner.

2. Media Promosi berukuran kecil :

PAMFLET
Sering juga disebut sebagai brosur, yaitu terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Pamflet satu halaman bisa merupakan cetakan satu muka saja maupun cetakan dua muka atau bolak-balik. Tentu saja untuk cetakan dua muka, kualitas medianya pun lebih baik. Pada umumnya, pamflet dicetak dengan kualitas bagus karena dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk yang diinformasikan dalam pamflet tersebut.
Berbeda dengan poster yang didesain didesain agar orang bisa mudah membaca informasi walaupun dalam posisi bergerak, pamflet atau brosur ditujukan agar dibaca secara khusus. Pada beberapa jenis, pamflet dimaksudkan agar orang menyimpannya agar sekali waktu digunakan bila membutuhkan informasi.

Termasuk dalam keluarga Pamflet antara lain:
Booklet
Terdiri dari beberapa halaman dan seringkali memiliki sampul, halaman judul, dijilid baik secara sederhana menggunakan staples maupun dijilid dengan hiasan misalnya menggunakan ring.
Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik (misalnya handphone), sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan (manual book) secara ringkas. Booklet atau buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.
Booklet yang biasanya terlihat seperti sebuah buku mini, bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.

Katalog
Adalah saudara dekat booklet, bersifat sebagai daftar, dan menginformasikan berbagai macam hal dalam topik tertentu. Media promosi ini biasanya memuat informasi yang cukup lengkap.
Katalog sangat tepat digunakan untuk mempromosikan produk dengan jumlah banyak dengan penjelasan spesifikasi dan gambar masing-masing produk. Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginan dan anggaran biayanya. Terkadang produk-produk yang ditampilkan pada katalog disertai juga dengan info diskon agar lebih menarik calon konsumen.

Leaflet
Merupakan jenis pamflet atau brosur yang paling populer. Biasanya terdiri dari satu lembar saja dengan cetakan dua muka. Namun yang khas dari leaflet adalah adanya lipatan yang membentuk beberapa bagian leaflet seolah-olah merupakan panel atau halaman tersendiri.
Kualitas cetakan leaflet biasanya bagus, dibuat dengan desain yang menarik, dan berisi informasi yang lengkap baik berupa gambar maupun tulisan. Karena bentuknya lipatan, pembuatan leaflet biasanya memperhatikan sisi psikologi orang membuka leaflet, sehingga desainnya pun dibuat untuk memudahkan orang menerima informasi yang ada pada leaflet tanpa terlalu banyak membolak-balik leaflet.
Dibanding dengan media promosi lain (booklet, katalog, flyer), leaflet sangat sering dijumpai karena bisa digunakan untuk bermacam hal misalnya mengenalkan produk, sebagai katalog mini atau booklet mini, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Flyer
Bisa jadi, nama ini terinspirasi dari penyebaran informasi melalui pesawat atau kendaraan yang disebarkan begitu saja di tempat umum. Media promosi ini melayang-layang sebelum diterima oleh target pembacanya. Walaupun begitu, cara penyebaran seperti itu sudah jarang sekali dilakukan. Namun, sesuai namanya, flyer biasanya hanya berupa cetakan satu muka. Kualitas cetakannya tidak musti bagus, bahkan seringkali berkualitas ala kadarnya sebab dibuat dalam jumlah besar dan berbiaya murah karena sudah diperkirakan bahwa banyak di antara flyer akan terbuang dalam waktu relatif singkat berganti fungsi menjadi bungkus kacang.
Walaupun begitu, flyer yang baik akan didesain dengan memperhatikan kaidah eye catching dan memorable.
Pada perkembangannya, flyer seringkali tak beda dengan leaflet namun tidak dilipat, hanya merupakan selembar kertas saja dengan kualitas cetakan yang bagus dan berwarna-warni menarik. Di Indonesia, jenis ini sering disebut sebagai selebaran.

Kartu Nama
Ada yang mengatakan bahwa kartu nama termasuk keluarga pamflet, namun ada pula yang mengkategorikan tersendiri. Biasanya kartu nama berukuran kecil kurang dari 9x6cm. Seperti namanya, kartu nama berisi perkenalan tentang seseorang. Informasinya bisa berisi nama, alamat, nomor kontak, institusi, dan lain sebagainya. Pada perkembangan selanjutnya, pada kartu nama sering pula disisipi gambar atau foto (klik pada gambar untuk mengetahui pemilik kartu nama)…
Kartu nama dibuat dengan sederhana dan informatif pada media yang cukup tebal (100-400gram) agar tidak mudah rusak ketika dimasukkan ke dalam dompet atau tempat kartu nama. Memang tujuan pembuatan kartu nama agar si penerima dapat menyimpannya dan sesekali menggunakannya apabila membutuhkan informasi yang digunakan untuk menghubungi si pemilik kartu nama.


Sumber :
http://www.google.com
http://www.dimensigraphic.com/infront/brochure-brosure.htm
http://www.cahyopramono.com/2007/08/optimalisasi-media-promosi.html
http://andy.web.id/macam-macam-media-promosi-1.php
http://andy.web.id/macam-macam-media-promosi-2.php

1 komentar:

Plakat

Kami juga dapat Membuat plakat dan trophy atau medali untuk kepentingan promosi, penghargaan/Award, kenang-kenangan, cinderamata, souvenir untuk seminar atau wisuda, hadiah perlombaan,

0 komentar:

Portofolio Tahun 2012

Portofolio ini adalah sebagian kecil produk yang telah dihasilkan pada tahun 2012.
 Portofolio Tahun 2012
Klik Gambar untuk melihat Portofolio Produk Tahun 2012

0 komentar:

Baliho / Billboard

Billboard atau reklame merupakan media komunikasi promosi yang sering digunakan diindonesia, desain yang menarik dan dapat memberikan informasi merupakan salah satu faktor inti dalam menunjang media promosi, jasa desain






0 komentar:

Brosur

Brosur adalah alat promosi yang terbuat dari kertas yang di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan penawaran mengenai jasa atau produk.























0 komentar:

Buku

Kami menerima segala jenis cetak offset buku, majalah, jurnal, tabloid dan buletin. Isi buku sepenuhnya tanggung jawab oleh penulis/penerbit dan kami tidak bertanggung jawab secara hukum dari hasil cetakan tersebut jika di kemudian hari bermasalah.

0 komentar:

Jersey

Jersey atau Kaos Team adalah Identitas dari suatu Team. Jersey Juga Melambangkan Semangat yang ada di Team Tersebut.

0 komentar:

Kalender

Salah satu media promosi yang sangat baik adalah Kalender. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan untuk dapat mengenali hari, bulan, dan tahun. Dan di setiap, rumah, kantor, ataupun institusi pasti selalu memiliki Kalender Dinding.

Mengapa Kalender Meja / Dinding dapat menjadi media promosi yang efektif :

Berbeda dengan brosur ataupun media promosi lain yang memiliki jangka waktu terbatas dan relatif singkat, Kalender Meja / Dinding akan terpasang terus-menerus selama 1 tahun penuh. Dengan ini berarti Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari audience selama 1 tahun penuh.

Pada Kalender Meja / Dinding dapat dicetak gambar-gambar produk,Foto Caleg serta keterangan lainnya yang diperlukan sehingga keberadaan sebuah perusahaan ataupun institusi ataupun Calon Legislatif dapat dikenali serta diingat oleh audience.

Dapat dijadikan souvenir untuk pelanggan, calon konsumen, serta Konsituen Anda. Kalender Meja / Dinding yang dieksekusi dengan baik akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dipajang oleh penerimanya selama 1 tahun penuh.
Oleh karena itulah, saat ini adalah saat yang tepat bagi Anda para pemilik usaha maupun Para Calon Anggota Legislatif yang akan Bertarung di Pemilu 2014 untuk membuat Kalender Meja / Dinding dimana kesempatan promosi yang hanya datang sekali dalam setahun.

0 komentar:

Kartu Nama



Kartu Nama adalah sebuah kartu yang menyampaikan informasi tentang sebuah perusahaan ataupun individu yang disampaikan hanya sebagai pengingat dalam sebuah perkenalan formal. Sebuah Kartu Nama biasanya berisi tentang nama perusahaan (termasuk logo perusahaan) dan alamat pos, nomer telepon, nomer fax dan e-mail, situs web

0 komentar:

Packaging produk

Packaging atau kemasan adalah llmu, Seni dan teknologi yang bertujuan untuk melindungi sebuah produk saat akan dikirim, disimpan atau di jajakan.

0 komentar:

Paper Bag

Paper Bag adalah tas kertas yang di pakai sebagai wadah atau kemasan sebuah produk barang. Berbentuk kantong yang mempunyai tali pegangan di atasnya.Selain sebagai Tempat Kemasan, Paper Bag juga Bagus Untuk Tempat Promosi Produk atau Event Tertentu.

0 komentar:

Pin

Mempromosikan produk/brand Perusahan Anda juga dapat dengan menggunakan Metode Pin / brso / gantungan kunci dengan biaya yang sangat Murah.

0 komentar:

Poster

Salah satu penunjang desain promosi yang terdiri dari desain visual dalam ukuran besar, Karena desain poster biasanya ditempatkan di media luar ruang seperti halnya billboard atau reklame akan tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga desain grafis sebuah poster haruslah dibuat menarik agar audience mau melihat desain grafis tersebut. Sama seperti halnya iklan cetak, poster punya keterbatasan tempat untuk menyampaikan semua pesan. Poster biasanya untuk promosi yang sifatnya berupa pengumuman, oleh karenanya proses dalam pembuatan poster haruslah terfikir dan terkonsep sehingga tepat kepada sasaran

0 komentar:

Roll Up Banner

Roll up banner, Alat ini cocok digunakan untuk kebutuhan promosi/ exhibition sistem knockdown mudah pengunaan-nya dan portable mudah di bawa kemanapun.

0 komentar:

Sertifikat


Sertifikat adalah secarik surat sebagai tanda pengakuan bahwa seseorang menguasai kompetensi tertentu, telah mengikuti suatu event, atau tanda kepemilikan suatu barang. Sertifikat juga dapat dilengkapi dengan security printing untuk menjamin keaslian sertifikat yang dikeluarkan suatu lembaga.

0 komentar:

Spanduk



Spanduk adalah salah satu media komunikasi visual untuk menyampaikan ide, gagasan, mempromosikan (mengiklankan),  maupun memberitahukan sesuatu baik itu mengenai lembaga, organisasi, event tertentu agar dimengerti dan difahami oleh khalayak umum. kreatifitas dalam sebuah spanduk adalah kemampuan kita diantaranya meliputi persiapan,kemudian pelaksanan rancangan desain ide dan gagasan kemudian pelaksanan sampai kepada revisi hasil akhir dari pembuatan sebuah spanduk.

0 komentar:

Tas dan Goody Bag





Goodybag Cocok di gunakan pada acara seminar atau Cara Event lainnya, Sebagai Kenang - kenangan dan media Promosi Tentunya

0 komentar:

Undangan


Desain undangan pernikahan dinilai sangat penting bagi kedua mempelai. Biasanya desain undangan pernikahan melambangkan kreativitas kedua mempelai memilih undangannya. untuk itu kami siap membantu para calon Pengantin untuk mendapatkan Undangan yang Sesuai dengan Impiannya.

Kami  juga menerima ide-ide kreatif anda yang mungkin ingin anda tuangkan dalam mendesain kartu undangan anda, sehingga kartu undangan pernikahan terasa lebih berkesan di hari istimewa.

0 komentar:

X Banner





 X Banner adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, berbentuk banner dengan konstruksi penyangga berbentuk "X" sehingga banner bisa berdiri sendiri.
Konstruksi X Banner memiliki beberapa ukuran standart yaitu: 60x160 cm, 80x180 cm, dan 80x200 cm.

0 komentar: